24/02/11

Mereka (dibilang) PLAGIAT ?

Booming I Heart You by SM*SH ( baca SMASH) di Indonesia baru2 ini terutama untuk cewek2 ABG (anak baru gede) ehh sampai Ibu-ibu juga dink. SM*SH yang artinya Seven Man As Seven Hero ini beranggotakan 7 orang cowok ganteng (bagi yg ngefans lho). 

RAFAEL LANDRY TANUBRATA kelahiran Garut 16 November 1986 yg saat ini msh study di Universitas Maranatha Bandung.( twit acc http://twitter.com/rafaell_16 )

RANGGA DEWAMOELA SOEKARTA kelahiran 6 Januari 1988 di Voorburg, Belanda saat ini study di Fakultas Hukum, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.( twit acc http://twitter.com/rangga_moela )

MORGAN OEY  Lahir  25 Mei 1990, Singkawang, Kalimantan Barat masih studi di Information & Technology, Universitas Bina Nusantara, Jakarta. Background entertaiment sebagai model di Platinum agency.( twit acc http://twitter.com/morganfcl )

DICKY MUHAMMAD PRASETYA , lahir di Bandung 18 Juni 1993 status masih Pelajar SMA BPI 1 Bandung ( twit acc http://twitter.com/dickymprasetyo )

BISMA KARISMA Lahir di Bandung 27 November 1990 pernah jd crew dari bboy di Bandung, kalo gak salah namanya DawnSquad. Ikur Battle dance di salah satu TV Swasta jd nggak heran kalo ngedancenya bagus. ( twit acc http://twitter.com/bismakarisma )


M. REZA ANUGRAH Lahir : 21 Maret 1994 di Kendari, Sulawesi Tenggara masih pelajar juga di SMAN 6, Bandung ( twit acc http://twitter.com/mrezanugrah )

M. ILHAM FAUZI Lahir : 29 Agustus 1995, Kendari, Sulawesi Tenggara. Pelajar di SMAN 1, Bandung juga adik dari M Reza Anugrah ( twit acc http://twitter.com/ilhamfauzie )


Banyak kalangan yg menghujat (SM*SHHEATER) dan menyebut mereka plagiat boyband asal korea SM*SH yg lebih dulu famous, dari style panggung sampai nama (why kalian ngambil nama sama ya ?) Whateverlah .. apalah arti sebuah nama getu kata pepatah lama.
SM*SH Korea
SM*SH Indonesia
                    





  





















Atau ada beberapa yg menyebut plagiat SUJU (Super Junior) yg di bentuk 2005 'cause MV No Othernya mirip MV I Heart You nya SM*SH. 

MV I Heart You by SM*SH




MV No Other by Super Junior





Atau Beat lagu I Heart You mirip dengan Without You nya 1TYM BoyBand bentukan th 2006 yang asalnya dari korea (lagi)



Ahaii haii .. industri music dimana negarapun sama. Yang lagi booming maka akan ada banyak yg mengikuti. Contoh di tahun 90 an. Menjamur lah BoyBand asal Amerika sebut saja NKOTB, N SYNC yg  akhirnya mentenarkan Justin Timberlake, BOYZONE, BOYS II MAN, WESTLIFE, TAKE THAT dengan Robin Wiliams nya.

Apakah mereka juga disebut PLAGIAT satu sama lainnya ? Lihat saja dan cermati MV, Perform Stage mereka hampir mirip sama .. liric lagunya .. musiknya .. rata-rata sama juga ..

Dan jika saat ini KOREA yang  katanya di jadikan KIBLAT BOYBAND. Ada SUPER JUNIOR, SS501, SHINEE, BIGBANG, 2AM, 2PM ada juga GIRLBAND yg nggak mau kalah dari para cowoknya MISS A, SNSD, UI, KARA, T-ARA.

Apakah mereka juga di sebut PLAGIAT satu sama lain ? … Amati dan cermati .. MV nya .. Liric Lagu dan Musicnya memang TIDAK SAMA tapi MIRIP juga kan ?

Toh kalau di runut jauh sebelum SM*SH, di Indonesia telah ada TRIO LIBELS, COOL COLOURS, ME , COBOY yang notabene juga BOYBAND hanya genre music yg mereka usung berbeda. Jaman2 itu ngedance blom begitu heboh seperti saat ini, hanya ME yg sedikit mengusung style dance saat mereka perform di lagu INIKAH CINTA.

Memang sebelum ini, Indonesia sudah banjir BAND not BOYBAND looohh .. sebut saja YOVIE N NUNO, LETTO, RIF, ST 12, SEMBILAN, BAGINDAS, KANGEN BAND, KOTAK, THE TRIAD, THE TITANS, RADJA dsb (saking banyaknya author gak apal satu2). Dengan lyric lagu, jenis musik, mv yang lagi-lagi juga MIRIP. Di bilang PLAGIAT jugakah mereka ?

Kini muncul BB SM*SH dan sebentar lagi ada MAX5 dan masyarakat penikmat music Indonesia di buat kaget bin tertegun. Hujatan mengalir dari yang mengatakan banci lah, hanya jual tampang lah, meniru boyband korea lah de es be …

Soooo

Apa salahnya jika SM*SH jadi BB yg mengusung jenis music yang SAMA/MIRIP dengan pendahulu mereka.
Apa salahnya kalau tampang mereka memang GANTENG, itu Anugrah dari Tuhan yg wajib di syukuri, iya kaannn ?.
Apa salahnya kalau suara mereka biasa2 saja (menurut yg bukan @SMASHBLAST lho). Bukankah setiap orang/pribadi/kelompok berhak untuk BERKREASI. Apa hak kita untuk menghujat dan melarang ?

Sikapi secara fair sajalah …  MUSIC JUST FOR FUN
Toh kalau bisa dapet duit dr music ya syukurlah he he he. Yang bisa menarik banyak penggemar entah itu BAND, BOYBAND atau SINGLE itulah yang akan selalu di puja. Toh pro dan kontra akan selalu ada.

S E L A M A N Y A


NB : mohon di maafkan apabila ada salah kata dan salah ketik yach :)

4 komentar:

  1. ah biasa aja ko, nggak ngefans amat dgn SM*SH .. tulisan ini hanya sekedar share fakta aja tentang (fenomena) BB baru di Indonesia

    terserah yg baca aja untuk menilai .. apakah SM*SH (pantas) di sebut plagiat atau tidak

    thx 2 koment nya :)

    BalasHapus
  2. sebenarnya gak masalah sih....tapi rasanya bangsa ini butuh yg lebih kreatif tapi beda....jenis2 kaya iwan fals.....KLA....atau ariel yg sialnya kejebak aurat....atau jaman2 DEWA 19 dulu sebelum dani kacau balau.....tapi kalau segment marketing yg diincer....ya sutralah....u now me so well!!! :D

    BalasHapus
  3. ‎@Kharis .. u know me so weel juga lah .. yang penting enak di kuping wkwkwkw :)

    BalasHapus