24/01/11

... Hari Mie Instant ...

Sopo hayooo yg nggak pernah maem mie instaannt ? .. Pastiiiw ndak ada yg ngacungin jari khan.

Makanan yg paling di gemari masyarakat Indonesia .. murah, enak dan cepat penyajiannya. Apalagi kalo inget jaman2 dulu saat jauh dr ortu *ngekost* .. Gak ada duit, gak bisa masak ..

Mie adalah ANDALAN ku ngeganjel laper .. he he he he ..


Rasanya bervariatif pula yg bikin anak2ku dan aku ketagihan berat. Hampir tiap hari maem mie, walaupun sdh makan nasi….

Emang sih ada GOSIP bahwa mie instant mengandung LILIN krn lilin di gunakan untuk mencegah agar saat mengembang mie tdk lengket. Its just GOSIP yg TDK BENAR ..

“Geletinasasi pada mie disebabkan mie dibuat dengan pengukusan dan penggorengan. Jadi, isu lilin kan isu lama yang tidak benar,” kata Siegfried, Public Relation PT Indofood cabang Jawa Barat. <---- tuh kaaann maem mie AMAN dr LILIN.

Cumaaan .. dr beberapa artikel yg sy baca ... memberikan peringatan bagi mereka yang menderita hipertensi, maag, dan autisme:

Cause .. kandungan natriumnya yg tinggi. Natrium yang terkandung dlm mie instan berasal dari garam (NaCl) dan bahan pengembangnya. Bahan pengembang yang umum digunakan adalah natrium tripolifosfat, mencapai 1% dari bobot total mie instan per takaran saji. *cekidot di balik kemasan mie instant*

Natrium memiliki efek yg kurang menguntungkan bagi penderita MAAG dan HIPERTENSI

Bg penderita maag, kandungan natrium yang tinggi akan menetralkan lambung, sehingga lambung akan mensekresi asam yang lebih banyak untuk mencerna makanan. Keadaan asam lambung yang tinggi akan berakibat pada pengikisan dinding lambung dan menyebabkan rasa perih.

Sedangkan bagi penderita hipertensi, natrium akan meningkatkan tekanan darah karena ketidakseimbangan antara natrium dan kalium (Na dan K) di dalam darah dan jaringan.

Kelemahan lain mie instan adalah tidak dapat dikonsumsi oleh penderita autisme. Hal tersebut disebabkan karena mie instan mengandung gluten, substansi yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita autisme.

Mie Instan jg bikin kita lebih cepat lapar dari pada makan nasi, Krn sifat karbohidrat dalam mie berbeda dgn sifat yang terkandung di dalam nasi.
Sebagian karbohidrat dlm nasi merupakan karbohidrat kompleks yang memberi efek rasa kenyang lebih lama. Sedangkan karbohidrat dlm mie instan sifatnya lbh sederhana sehingga mudah diserap. Akibatnya, mie instan memberi efek lapar lebih cepat dibanding nasi

Naaahh … Krn terlalu sering maem mie instant *hamper tiap hari*. Nggak disangka lambung anakku ‘kena’ .... mpe’ muntah darah dan hrs check’in d RS 5 hr....
Byuuuhhh ... byuuuhhh .. Ada hubungan dgn mie atau tidak, cuman dokter menyarankan untuk MENGURANGI konsumsi mie instant.

Alhasil dalam 1 minggu anak2ku hanya boleh maem mie instant 1x pd hr Selasa saat sarapan. Selain itu TIDAK BOLEH .. Itupun dgn menambahkan telur/nugget agar kandungan gizi yg di asup mereka lbh lengkap *kadang pake sawi biar ada seratnya*

Tapi kadang aku nggak konsekwen jg dink dgn peraturan ini terutama saat aku malas masak … ha ha ha ha. .. Yachh gitu dech ceritanya knapa hari selasa adalah hr mie instan bg anakku. Hari yg paling dinanti mereka n aku juga *nggak repot2 bikin sarapan pagi*… he he he he


Nb : artikel di atas sy ambil dr beberapa sumber. Mohon maaf apabila ada yg tidak berkenan … piissssss
        pernah di posting di http://www.facebook.com/profile.php?id=1796176779

Tidak ada komentar:

Posting Komentar